Home » Seni Lukis » Lukisan Bunga Naturalisme Realis Komarrudin

Lukisan Bunga Naturalisme Realis Komarrudin

June 23rd, 2013 Seni Lukis

Pelukis Jakarta - :ukisan Bungan Naturalisme Realis KomarrudinBicara dunia seni sepertinya tak akan ada kata habis apalagi membicarakan seni rupa lebih khususnya tentang lukisan bungan naturalisme realisme. Sub bagian seni rupa yang satu ini dari tahun ke tahun tetap memiliki penggemar setia. Namun tidak banyak seniman yang mampu mengekspresikan bentuk naturalisme yang benar – benar realis.

Dalam artikel yang entah ke berapa kali nya ini saya ingin bercerita tentang seorang kawan yang memiliki bakat di bidang lukisan bunga naturalisme realis. “Diam – diam menghanyutkan” peribahasa yang tepat untuk menggambarkan sosok kawan yang satu ini. Style yang low profil dan pemalu ternyata mampu menyembunyikan sebuah bakat istimewa yang tidak semua orang memiliki bakat tersebut. Saya menyebutnya seni lukis.

Namanya cukup singkat dan mudah di ingat, KOMARRUDIN. Di balik singkatnya nama itu ternyata memiliki segudang keterampilan melukis yang tidak boleh di anggap remeh. Lahir di jakarta 4 November 1967, pelukis jakarta ini bukan seorang sarjana tetapi keterampilannya dalam seni lukisan bunga naturalisme realis boleh di sejajarkan dengan para pelukis profesional. Bukan membanggakan tetapi memang itu kenyataan.

Di tahun 1980 an dia mulai intens berkenalan dengan teman – teman sesama pelukis di sebuah sanggar seni yang berlokasi di jalan Pelita RT/W :002/09 nomor 83 Kelurahan Tengah kecamatan kramat jati Jakarta timur. Dari pergaulan ini dia mulai mengembangkan bakatnya sebagai seorang pelukis. Awalnya Komar (panggilan akrab nya) sempat ragu akan keterampilan yang ada dalam dirinya, tetapi hasrat untuk mencoba mampu mengalahkan kegalauan hatinya. Semua berawal dari iseng, dia menuangkan apa yang ada dalam pikirannya ke sebidang kanvas.

Hasil karya iseng tersebut ternyata mendapat apresiasi bagus dari teman – teman pelukis senior di sanggar “pelita”. Dari apresiasi itu Koarrudin mulai yakin akan bakat yang ada dalam dirinya dan ingin memfokuskan diri di bidang seni rupa. Namun perjalanan Komarrudin menekuni dunia seni rupa bukan tanpa rintangan, Orang tua khususnya sang ayah menentang keras jika Komar terjun di dunia seni lukis. Sang ayah ingin, agar Komar menjadi seorang drafter atau arsitek kelak di kemudian hari. Tetapi sebalik nya, sang bunda selalu men- support kegiatan Komarrudin bersama dengan rekan sasama seniman.

Di tahun 1995 dia mulai menampilkan hasil karya nya di pameran seni yang di adakan di ancol, tapatnya di Pasar Seni Ancol tahun 1995 dan 2010. Masih di tahun 1995 dia juga mengikuti pameran seni lukis di LIPPO KARAWACI. Berturut turut setelah itu dia mengikuti pameran seni lukis di BALAI BUDAYA tahun 1996, DEPDIKBUD (Merdeka Timur) tahun 1996, SANGRILA HOTEL tahun 1997, Langgam Seni Kemang tahun 1997. Dari pengikuti pameran seni itu lah Komarrudin mulai di kenal oleh para seniman – seniman senior termasuk DEWI MOTIK . Sempat juga di salah satu pameran Komarrudin di wawancarai oleh Bpk. JOOP AVE yang pada saat itu menjabat sebagai MENPARPOSTEL. Dalam kesempatan itu Joop Ave menanyakan seputar tema – tema apa yang di angkat dalam karya lukis Komarrudin.

Di samping bakat seni lukis ini ternyata masih ada lagi bakat seni yang tersimpan pada diri Komarrudin, yakni seni mengarang puisi. Dari bakat seni mengarang puisi ini, Bang Komar di pertemukan dengan musisi legendaris IWAN FALS. Sebagai teman sesama seniman sekaligus penggemar Iwan fals, Komarrudin pernah menyumbangkan beberapa puisi hasil karyanya kepada Bang Iwan atas nama warga Kampung Tengah dengan harapan di abadikan menjadi syair lagu.

Hasil karya lukis Komarrudin ternyata mampu menarik perhatian para pecinta lukisan. Bang Komar bercerita, beberapa orang pengusaha termasuk beberapa instansi pemerintah pernah order lukisan kepadanya. Dan berikut ini beberapa orang kolektor lukisan buah karya Bang Komar :

  • Wina Armanda ( wartawan, PemRed Tabloid Perspektif, Reporter TVRI )*
  • Sunari ( Koppasus )
  • Sri Mayangsari ( Site Engineer,PERTAMINA )*
  • Rabin Iman Soetejo ( HIPMI, Kel. Wiyogo Atmodarminto )
  • Tunas Muktiono ( Pengusaha, Keponakan Bpk. Wiyogo )
  • Mala Syahzidar ( Pengusaha, anak WAKASAU )*
  • Iwan Mandela ( Staf Ahli Dept. Transmigrasi )*
  • Wahyu Hidayat ( Staf Ahli Pekerjaan Umum )
  • Syahrul Parta Wijaya ( Wa. Ketua IAI )*
  • PT. Kiani Kertas ( Bob Hasan )*
  • Club Eksekutif Persada ( MABES AU )*
  • Kolonel Suhartono ( Sekretaris KASAD )*

Beliau – beliau inilah yang pernah meng- koleksi hasil karya dari Komarrudin, Tidak hanya lukisan bunga naturalisme realis. Ada sebagian yang memesan lukisan repro, abstrak, naturalis impresionis, lukisan wajah dan lain – lain.

Dan berikut ini adalah beberapa karya seni yang sempat di abadikan Komarrudin sebelum di antar ke sang kolektor.

Lukisan Bunga Naturalisme Realis Komarrudin

Lukisan Bunga Naturalime Realis Komarrudin buatan tahun 2001

Lukisan Bunga Tulip 2012

Lukisan Bunga Naturalisme Realis Tulip tahun 2012

Lukisan Bunga Naturalisme Realis Komarrudin

Lukisan Bunga yang di buat Komarrudin tahun 1998

Lukisan Bungan Alamanda 2012

 Lukisan Bunga Naturalisme Realis Alamanda tahun 2012

Lukisan Naturalisme Impresionis

Lukisan Naturalis Impresionis buatan tahun 1998

Di bawah ini beberapa lukisan dengan tema yang lain beserta kegiatan Komarrudin di bidang seni lukis

Lukisan Tangis Kaum Urbanis 2005

Lukisan yang pernah di tampilkan di pameran seni Jakarta tahun2005 dengan judul “Tangis kaum Urbanis”

Lukisan Sosial Main Batu di Kota Mati

Lukisan Bang Komarrudin yang di beri judul “Main Batu di Kota Mati” Buatan tahun 2005

Lukisan Repro Tari Bali

Lukisan Repro Tari Bali

Lukisan Bunga Naturalisme Realis Komarrudin

Santai bersama Bang Iwan Fals

Lukisan Bunga Naturalisme Realis Komarrudin

Komarrudin di wawancarai oleh Bpk Joop Ave bersama Ibu Dewi Motik pada saat pameran seni rupa di Jakarta

Jika anda masih penasaran dan ingin mengenal lebih jauh siapa sang pelukis jakarta ini dan tertarik untuk meng-koleksi lukisan yang lain, silakan anda berkunjung ke situs pribadi Bang Komar di http://komarrudin.com

Hampir lupa, anda juga dapat memesan lukisan seperti yang anda inginkan kepada Komarrudin. Sekian dan terimakasih telah berkunjung

Note: * Pada saat itu


Tags »